What's news

Perangi Sampah Plastik, Amadea Resort & Villas Luncurkan Program GAKK

21 February 2020

Sebagai aksi nyata dalam mewujudkan Bali yang bersih dan hijau Amadea Resort & Villas Seminyak pada tanggal 23 November 2018 lalu meresmikan program Gerakan Anti Kantong Kresek yang disingkat GAKK.

 

Bali sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia tidak lepas dari permasalahan sampah khususnya sampah plastik. Kawasan Pantai Kuta dengan pasir putihnya yang menawan hampir setiap tahun pada musim penghujan selalu menjadi kawasan yang dipenuhi sampah plastik dari laut yang dibawa oleh arus ke daratan. Hal ini memberikan imbas yang tidak baik bagi industri pariwisata Bali karena banyaknya liputan media internasional mengenai masalah ini.

 

“Gaya hidup masyarakat kita yang semakin modern tidak bisa lepas dari penggunaan plastik. Namun sayangnya gaya hidup modern ini tidak diiringi dengan kesadaran dan kemampuan kita dalam mengelola sampah plastik dengan baik. Kami berpendapat salah satu solusi yang paling efektif untuk mengurai masalah sampah plastik adalah dengan cara mengurangi pemakaian barang-barang berbahan plastik sekali pakai. Kita mulai dari hal yang paling sederhana yaitu dengan mengurangai pemakaian kantong kresek”, ujar Wayan Warta, General Manager Amadea Resort & Villas Seminyak pada saat acara peluncuran program GAKK.

 

Program GAKK merupakan program kampanye pengurangan sampah plastik secara bertahap. Tahap awal adalah dengan membagikan tas yang berbahan dari kain kepada semua karyawan. Tas ini akan dibawa pada saat berbelanja sehingga tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik atau kantong kresek yang umum diberikan oleh warung-warung atau toko modern. Selanjutnya program ini diharapkan akan bergulir mulai dari karyawan yang kemudian ditularkan kepada keluarganya dan orang-orang di sekitarnya.

 

Ada yang istimewa dari tas kain yang dibagikan pada saat acara peresmian. Tas kain tersebut ternyata terbuat dari kain limbah sprei bekas kamar hotel yang didaur ulang kembali menjadi tas dengan desain yang cantik dan trendi. Dalam mengolah limbah sprei bekas ini Amadea Resort & Villas bekerjasama dengan Tri Upcycling, sebuah organisasi nirlaba di Bali yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan. Proses desain dan pengerjaannya juga melibatkan pelaku usaha industri kecil di kawasan Gianyar Bali.

 

Di samping pembagian tas kain acara peresmian juga diisi dengan pemutaran video pendek kampanye GAKK yang merupakan hasil karya karyawan-karyawan Amadea yang tergabung dalam tim kreatif. Video ini akan dibagikan melalui media sosial sebagai upaya untuk menggugah kesadaran publik. Acara peresmian juga ditandai dengan penandatanganan Deklarasi GAKK oleh semua karyawan sebagai bentuk komitmen menjaga kelestarian lingkungan.

 

Gusti Ngurah Indra Saputra, Human Resources Coordinator Amadea Resort & Villas lebih jauh menjelaskan bahwa selama ini Amadea telah melakukan berbagai macam upaya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan hotel di antaranya dengan menyediakan water refill station untuk tamu-tamu guna mengurangi botol plastik. Demikian juga dengan kantin karyawan di mana diberlakukan larangan penggunaan plastik sekali pakai. Target yang ingin dicapai dari program GAKK ini adalah munculnya kesadaran akan bahaya sampah plastik bagi kehidupan. Dengan adanya kesadaran itu diharapkan akan timbul komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam program mengurangi sampah plastik dan menularkannya kepada masyarakat lain.

 

« back to previous page

Accolades

Prime Plaza Hotels
Prime Plaza Resorts
PrimeBiz Hotels